Tuesday, June 9, 2009

Merawat Baju Anda


Berikut tips2 merawat baju2 anda agar awet dan enak dipakainya.COAT
1. Simpan Dalam Keadaaan Bersih
Usahakan baju yang habis dipakai segera dicuci, jangan membiarkan baju-baju dalam kondisi tidak bersih terlalu lama. Kotoran yang masih melekat pada baju akan segera tumbuh menjadi jamur jika tidak segera dibersihkan. Sebelum menyimpannya, pastikan bahwa baju tersebut benar-benar kering. Hal ini menjadi sangat penting karena kering tidaknya sebuah baju yang disimpan akan mempengaruhi aroma baju kita.


2. Khusus baju dg bahan silk, chiffon, satin (atau bahan2 lembut lainnya) sebaiknya jangan dicuci di mesin cuci. Sebaiknya memakai sabun khusus utk bahan2 kain halus dan dicuci tangan. Merendamnya juga jgn lama2. Tdk memeras baju2 halus karena bisa sobek. Kain2 jenis ini harus hati2 dalam perawatan dan pemakaiannya.


3. Waktu mencuci jangan mencampur baju putih dg baju warna. Apalagi utk baju baru sebaiknya jgn direndam lama2 takutnya nanti malah luntur. Kalau terlanjur luntur, sebaiknya langsung diberi warna pemutih (utk yg baju putih0, jadi anda rendam khusus bagian yg luntur saja, bagian lainnya jgn dikenakan air.


4. Beri Nafas Untuk Baju.
Dimana kita menyimpan baju juga sangat berpengaruh untuk 'kesehatan baju'. Setelah di setrika, simpanlah baju di tempat yang memiliki pori-pori, seperti lemari kayu. Kalaupun kita mau membungkusnya dengan plastik, pastikan telah menusuk-nusuk plastinya agar udara bisa mengalir lancar.


5. Ngengat
Binatang yang satu ini memang mengincar baju-baju kita. Untuk alasan ini juga kenapa kita harus segera mencuci dan menyimpan baju dalam keadaan bersih. Karena jika kita menyimpan baju dalam keadaan kotor, noda makanan dan keringat yang menempel pada baju akan mengundang ngengat ke baju kita.


6. Kamper
Tempatkan beberapa kamper dalam lemari atau tempat menyimpan baju. Selain berguna untuk menjaga aroma baju, kamper juga sangat efektif menjaga baju dari gangguan ngengat yang akan melubangi baju kita. Tapi, jangan terlalu banyak meletakkan kamper di lemari ya!


7. Suhu Ruangan
Usahakan menyimpan baju pada suhu yang tidak terlalu lembab. Suhu lembab akan membuat pakaian kita bau. Akhirnya walaupun kita sudah meletakkan produk pengharum baju di lemari, akan mejadi sia-sia jika suhu di sana terlalu lembab.


8. Jemur baju yang jarang dipakai
Baju pesta atau kebaya adalah baju yang jarang sekali dipakai. Nah untuk baju-baju yang tidak dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama, ada baiknya bila sesekali di keluarkan dari tempat penyimpanan. Angin-anginkan baju di udara terbuka, hal ini akan mengurangi kelembaban dan tumbuhnya jamur pada baju.

0 comments:

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com